Opening Ceremony Islamic Psychology Competition (IPCOM) V Tahun 2024 oleh Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Pada 5 Maret 2023 pukul 07.30 WIB, media digital Zoom Meeting menyala seraya mempersatukan ribuan peserta yang siap mengawali rangkaian kegiatan Islamic Psychology Competition (IPCOM) V. Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UIN Suska Riau dan dibuka oleh Wakil Rektor 3, Prof. Edi Erwan, M.Sc, Ph.D dan Dekan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau, Dr. Kusnadi, M.Pd.

Ketua Panitia, Ibu Elyusra Ulfah, M.Psi., Psikolog dalam sambutannya menjelaskan, “Setidaknya ada tiga tahapan kegiatan IPCOM V. Pertama, kegiatan lomba; kedua, pemberian penghargaan atau awarding pada bulan April; dan ketiga, study tour.” Ibu Elyusra juga menegaskan bahwa meski upacara pembukaan dan lomba-lomba berlangsung secara daring, pada saat awarding dan study tour, acara ini akan dilaksanakan secara luring atau offline.

IPCOM V menjadi wadah bagi mahasiswa dan dosen psikologi dari UIN Suska Riau, Universitas Islam Riau, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Abdurrab, dan STAI Diniyah Pekanbaru. Mereka akan mengasah pengetahuan dan keterampilan dalam 16 kategori lomba yang berfokus pada psikologi Islam.

Dekan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau, Dr. Kusnadi, M.Pd berpendapat bahwa IPCOM V merupakan bagian dari upaya akademik dan spiritual yang mendalam. “Karena ada 16 cabang lomba yang melibatkan sisi akademik dan keagamaan sekaligus,” ujarnya.

Puncak dari upacara pembukaan adalah pidato dari Wakil Rektor III, Prof. Edi Irwan, Ph.D. Beliau merangkul semangat kebersamaan dan belajar dari setiap peserta, menyatakan bahwa “Lomba ini bukanlah soal kalah dan menang, namun sebagai pengalaman, dan upaya kita semua dalam merajut kebersamaan di antara kita semua.”

Usai acara pembukaan dilanjutkan lomba pertama, yaitu “Psychology-Cerdas Cermat”. Lomba ini menguji pengetahuan peserta tentang psikologi Islam dan menjadi awal perjalanan mereka dalam rangkaian lomba IPCOM V. Untuk diketehaui, perlombaan ini dimulai pada tanggal 5 Maret 2024 hingga 15 Maret 2024

About Dina Haya Sufya, M.Si

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

BABAK FINAL MODUS DARING 2 IPCOM V 2024: Merayakan Prestasi dalam Kreativitas Ilmiah

Pada tanggal 19 Maret 2024, Kompetisi Presentasi Ilmiah International Psychology Competitioni (IPCOM) V tahun 2024 …

Tinggalkan Balasan