Webinar International “Strengthen Positive Values in Family to Create Harmony in Society”

Dalam rangka milad Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang ke-20, panitia menyelenggarakan Webinar Internasional berkolaborasi dengan UIN Imam Bonjol, Universitas Padjajaran dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis 8 September 2022 secara online di via zoom meeting pada pukul 08:00 hingga 11:00 WIB. Dipandu oleh MC Hidayatul Azizah Gazali, M.Ag. (kolaborasi dari Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol), kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa oleh Dr. Ahmaddin Ahmad Tohar, Lc., M.A berjalan dengan khidmat dan lancar. Dilanjutkan dengan pembukaan webinar oleh wakil rektor III, Prof. Edi Erwan, S.Pt., PhD. Dalam pembukaan oleh wakil rektor III, beliau berharap dengan terselenggaranya webinar penting ini, kami berharap Fakultas Psikologi UIN Suska Riau menjadi yang terdepan dalam mewujudkan visi dan misi universitas dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan, sains dan seni dengan ajaran Islam sebagai nilai-nilai inti UIN Suska Riau. Kami percaya bahwa topik-topik yang diangkat dan ditonjolkan oleh pembicara utama kami dan beberapa pemateri lainnya akan banyak berkontribusi bagi pencapaian visi universitas serta untuk memperkuat nilai-nilai positif dalam keluarga untuk menciptakan keharmonisan dalam masyarakat. Oleh karena itu, kepada dosen kami khususnya mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih penting dari webinar internasional ini dan mempraktikkannya untuk meningkatkan kesejahteraan kita.

Selanjutnya acara inti oleh tiga narasumber, dipandu oleh Moderator Nuraini Azizah, MA-PSYC (kolaborasi dengan Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Narasumber pertama yaitu Prof. John DeFrain, B.A., M.A., Ph.D dari University of Nebraska-Lincoln. Profesor emeritus dalam bidang Family and Community Development Department of Child, Youth and Family Studies ini menyampaikan bahwa kekuatan keluarga (family strengths) memiliki enam kualitas utama, yaitu: apresiasi dan kasih saya satu sama lain; komunikasi yang positif; komitmen pada keluarga; waktu bersama yang menyenangkan; mempunyai rasa spiritual well-being dan nilai-nilai yang bersama dan kemampuan mengelola stress dan krisis secara efektif.

Narasumber kedua yaitu Dr. Fitri Ariyanti Abidin, M.Psi, Psikolog yang merupakan dosen di Universitas Padjajaran. Membahas mengenai keharmonisan orang tua-remaja dan kesejahteraan remaja. Keharmonisan sejati dalam keluarga tercapai ketika kita peduli dan menjaga kebutuhan psikologis dan kesejahteraan semua anggota keluarga, termasuk remaja. Sedangkan narasumber ketiga, yaitu Indah Damayanti, M.Psi, Psikolog, Central Queensland University dan dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Narasumber ketiga membahas tentang “Pribadi Tangguh Menuju Masyarakat Sehat Mental”. Untuk menjadi pribadi yang tangguh, langkah-langkahnya yaitu: 1) terhubung dengan keluarga, teman, dan komunitas, 2) hindari melihat krisis sebagai masalah yang tidak dapat diatasi, 3) menerima bahwa perubahan adalah bagian dari kehidupan, 4) bergerak menuju tujuan hidup, 5) buat keputusan, gunakan koping, 6) carilah peluang untuk penemuan diri, 7) pertahankan pandangan positif tentang diri sendiri, 8) melihat suatu peristiwa dalam perspektif, 9) menjaga pandangan penuh harapan dan 10) menjaga diri, penuhi kebutuhan dan sadari perasaan diri sendiri.

Acara webinar ini ditutup dengan closing speech oleh Wakil Dekan III, Dr. Yuslenita Muda, S.Si., M.Sc. dan sesi foto bersama. Webinar ini dihadiri oleh empat negara yaitu, Pakistan, Filipina, Singapur dan Australia.

 

About Dina Haya Sufya, M.Si

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Buku Kurikulum Fakultas Psikologi Tahun Ajaran 2023

Silahkan klik link di bawah ini: https://drive.google.com/file/d/1LlF27_nRVDGwOWEUrb_K-Puc4WsmkzpC/view?usp=sharing

Tinggalkan Balasan