PERANAN PERPUSTAKAAN FAKULTAS PSIKOLOGI BAGI MAHASISWA PSIKOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Perpustakaan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau terletak di Lt III Gedung Fakultas Psikologi, perpustakaan ini mempunyai peranan yang sangat penting pada Lembaga Pendidikan seperti Fakultas Psikologi UIN Suska Riau ini, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi bagi mahasiswa dan penyelesaian tugas-tugas pembelajaran .

Dalam perkembangannya perpustakaan fakultas Psikologi ini meliputi buku-buku wajib yang merupakan buku rujukan mahasiswa Fakultas Psikologi, koloksi buku dan skripsi mahasiswa psikologi  ini nantinya sangat membantu proses pembelajaran pada Fakultas Psikilogi. Hanya saja pelayanan di perpustakaan Psikologi ini masih manual dan masih perlu peningkatan kwalitas.

Ketika diwawancarai kabag TU Psikologi UIN Suska Riau Erni, S.Sos.MM beliau mengharapkan kepada mahasiswa Fakultas Psikologi untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan dimana perpustakaan sudah dilengkapi fasilitas yang hampir lengkap sepeti ruangan yang nyaman dan buku-buku yang berhubungan dengan psikologi dan Islam.

Kemudian ibu Erni menyampaikan perpustakaan ini sangat membantu mahasiswa dalam proses belajar mengajar seperti referensi buku-buku psikologi yang sudah menjadi peminatan di Jurusan Psikologi seperti, psikologi klinis, psikologi Pendidikan, psikologi Perkembangan, psikologi Industry dan psikologi Sosial. Bukan hanya koleksi yang berhubungan dengan psikologi secara umum tapi koleksi psikologi Islam sebagai referensi pendukung sudah tersedia di perpustakaan.

“kepada mahasiswa-mahasiswa fakultas Psikologi silakan di manfaatkan fasilitas perpustakaan karena perpustakaan bukanlah sekedar ruangan yang untuk menyimpan buku-buku atau koleksi tetapi dengan adanya perpustakaan ini mahasiswa bisa didukung oleh koleksi yang memang hampir meliputi semuanya berhubungan dengan ilmu-ilmu psikologi umum dan psikologi Islam “harap kabag TU Erni, S.Sos,.MM.

Lebih lanjut beliau menghimbau kepada mahasiswa yang sudah meminjam buku perpustakaan diharap mengembalikannya sesuai peraturan karena buku yang sudah dipinjam mahasiswa bisa lagi dipergunakan mahasiswa adik kelasnya.

Ketika dimintai tanggapan salah satu mahasiswa Psikologi pengguna pustaka yang bernama Asy Syfa yang duduk di semester IV Fakultas Psikologi mengatakan bahwa peranan perpustakaan ini sangat strategis dan penting karena dengan adanya perpustakaan ini sangat membantu tugas-tugas perkulliahan di kampus.

“kami mahasiswa sangat terbantu tugas-tugas perkulliahan dari dosen dengan adanya perpustakaan ini karena perpustakaan ini semuanya berhubungan dengan ilmu Psikologi umum maupun yang berhubungan dengan Ilmu Keislaman dan mahasiswa berharap pelayanan di perpustakaan ini harus di tingkatkan dan kami mengharapkan bukan hanya koleksi tentang psikologi saja tetapi mempunyai koleksi bidang-bidang keilmuan yang lain ”tambah Asy Syifa.

 

Amiruddin, S.Ag

 

About imam hanafi

Check Also

Fakultas Psikologi Sukses Gelar Awarding IPCOM-V 2024; Ini Harapan Prof. Edi Erwan, PhD

Setelah melalui proses yang panjang dalam program kegiatan Islamic Psychology Competition ke V (IPCOM-V) tahun …

Tinggalkan Balasan