Mahasiswa Psikologi Lakukan Pengabdian di Pondok Pesantren Ma’had Al Azhar Ad-Dauly

DEMA Fakultas Psikologi melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Ma’had Al Azhar Ad-Dauly, beralamat di Desa Terantang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau yang dilaksanakan pada 26 s.d. 28 November 2021.

Banyak hal yang dilakukan dalam persiapan sebelum pengabdian dilaksanakan mulai dari survey lapangan, penggalangan dana donasi dan persiapan administrasi lainnya.  Selain penggalangan dana  konvensional ala mahasiswa , DEMA-F Psi juga melakukan kerjasama dengan Sanggar ‘R.B Tengku Mahkota’  mengadakan pertunjukan teater yang berjudul “Perkawinan Perak” yang sebagian dari hasil penjualan tiket didonasikan untuk pembangunan pesantren Ma’had Al Azhar Ad-Dauly.

Hari Jumat tanggal 26 November 2021 rombongan yang terdiri dari  pimpinan fakultas, dosen pendamping, tenaga teknis dan 29 mahasiswa berangkat menuju lokasi pengabdian di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang langsung pada hari itu di mulai dengan agenda pembukaan dan pemberian materi dari narasumber  dengan tema “Pentingnya Pendidikan dan Pentingnya Menjaga Kebersihan” serta dimalam harinya dilanjut dengan agenda ramah tamah sambil nonton bersama Film Laskar Pelangi. 

Masuk hari kedua dengan rangkaian kegiatan yang diawali penjelasan dan pemberian modul “Peningkatan Resiliensi pada Santri” kepada pihak pesantren sembari itu DEMA-F Psi melakukan perbaikan dan gotong royong pada beberapa sarana prasarana yang ada di pesantren.

Di penghujung seluruh rangkaian agenda kegiatan, di hari terakhir acara penutupan dilaksanakan bertempat di musholla pesantren, yang kebetulan dihadiri juga oleh donatur sekaligus penasehat pondok yang menghibahkan tanah untuk pesantren ini. Adapun kegiatan nya yaitu sepatah dua kata dari ketua DEMA-F Psi, pimpinan pondok, penasehat pondok, santriwan-santriwati. Lalu pemberian plakat penghargaan kepada pondok, pemberian barang donasi secara simbolis, dan ditutup dengan foto bersama.

Sumber: Al-Ikhlaash (Ketua Pelaksana Pengabdian)

About bangfuad

Thousands More

Check Also

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Psikologi 2022

Tinggalkan Balasan