Webinar Psikologi Penulisan Ilmiah 2021

Pada hari sabtu, 23 Oktober 2021, Fakultas Psikologi mengadakan Webinar Psikologi seri penulisan ilmiah. Acara ini bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Mercu Buana Jakarta.ada dua tema yang diangkat dalam webinar ini, pertama berkaitan dengan penggunaan Mendeley dalam mengelola referensi ilmiah dan kedua, tentang plagiarisme dalam penlisan ilmiah.tujuan utama acara ini adalah membantu mahasiswa khususnya yang sedang mengambil skripsi meningkatkan kualitas penulisan ilmiah sehingga dapat selesai dengan cepat.

Acara ini menghadirkan 2 narasumber, yaitu Dhani Irmawan, S.Psi. M.Sc (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana, Jakarta) dan Ricca Angreini Munthe, S.Psi,  MA (Dosen Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau), webinar dimoderatori Hasya zhafran (asisten Lab pengukuran psikologi UIN Suska Riau).Acara dimulai dengan kata sambutan ketua Panitia, Ivan muhammad Agung, M.Si, lalu dilanjutkan kata sambutan dan sekaligus membuka acara oleh Kaprodi S1 Psikologi UIN Suska Riau.

Pada sesi pertama, bapak Dhani Irmawan menyampaikan tentang bagaimana menggunakan Mendeley dalam referensi ilmiah. Beliau menekankaan bahwa Mendeley sangat berguna bagi mahasiswa dan dosen dalam mengelola referensi ilmiah. Mendeley dapat menjadi library, sarana berkolaborasi referensi ilmiah, serta dapat mencari referensi berupa jurnal, dan yang tak kalah penting,Mendeley mempermudah mahasiswa dan peneliti untuk menulis sumber dan referensi ketika menulis artikel.

Pada sesi kedua menampilkan ibu Ricca Angreini, yang menjelaskan apa, dan bagaimana plagiarism dalam penulisan ilmiah.dia menjelaskan plagiarism dapat terjadi apabila kita menggunakan ide, kata, kalinat atau karya orang lain tanpa menyebutkan referensi atau bahkan mengaku sebagai hasil karya sendiri.untuk menghindari plagiarism dapat dilakukan dengan cara, menuliskan referensi  dan melakukan paraphrase pada kalimat yang kita kutip dari orang lain. Selain itu, kita dapat menggunakan software Turnitin untuk melihat tingkat kesamaaan kata atau kalimat.

Pada sesi terakhir, tanya jawab antar audiens dan narasumber. Beberapa audiens memberikan pertanyaaan ke narasumber tentang penggunaan aplikasi Mendeley dan juga bagaimana tips dan trik dalam menghindari kesamaan dalam pengajuan judul skripsi.

Alhamdulillah secara umum acara webinar berjalan dengan baik dan lancar.Semoga pa yang disampaikan oleh kedua narasumber dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen untuk mengkatkan kualtas dalam penulisan ilmiah. Sampai ketemu diacara webinar selanjutnya. Wassalamualaikum.

 

Link full rekaman acara webinar: https://www.youtube.com/watch?v=pWuohm3kGxw&t=9s

About bangfuad

Thousands More

Check Also

Peningkatan Kompetensi Dosen Sebagai Konselor dalam Rangka Menunjang Pelaksanaan Konseling Online dan Offline Secara Efektif

Kesadaran akan pentingnya kesehatan mental di Indonesia masih sangat kurang. Memiliki gangguan mental masih dianggap …

Tinggalkan Balasan