Home / BERITA UTAMA / MAHASISWA PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU RAIH MEDALI EMAS LOMBA BACA PUISI PADA PEKAN SENI MAHASISWA NASIONAL (PEKSIMINAS) XIII 2016 SULAWESI TENGGARA
IMG_20161214_145524

MAHASISWA PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU RAIH MEDALI EMAS LOMBA BACA PUISI PADA PEKAN SENI MAHASISWA NASIONAL (PEKSIMINAS) XIII 2016 SULAWESI TENGGARA

Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas), merupakan sebuah ajang kompetisi yang sangat bergengsi bagi para mahasiswa di bidang seni yang tersebar di banyak daerah di Indonesia, yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dengan menunjuk salah satu pengurus Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) sebagai panitia penyelenggara kegiatan. Peksiminas merupakan ajang kompetisi dua tahunan, yang di tahun 2016 ini telah memasuki pergelaran yang ke XIII.

Peksiminas bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktik mahasiwa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, penulisan sastra, seni rupa, dan lain-lain. Peksiminas diselenggarakan pertama kali pada tahun 1991 di Surakarta, Jawa Tengah.

Bentuk kegiatan Peksiminas diisi dengan dengan lomba-lomba cabang seni sebanyak 15 cabang yang dilombakan yang terdiri dari Group Tari, Baca Puisi, Monolog, Vocal Group, Nyanyi Tunggal Pop Putra/Putri, Nyanyi Tunggal Dangdut Putra/Putri, Nyanyi Tunggal Keroncong Putra/Putri, Nyanyi Tunggal Seriosa Putra/Putri, Penulisann Puisi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Melukis, Desain Poster, Komik Strip, Fotografi, dan Group Band.

Pelaksanaan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIII tahun 2016 di Universitas Haluoleo (UHO) diawali dengan pembukaan kegiatan Expo Program Studi di lingkungan kampus Universitas Haluoleo, dengan tema “Inovasi Untuk Menciptakan Generasi Emas Indonesia” yang dibuka oleh Prof. Didin Wahidin, selaku Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dimana dihadiri oleh segenap civitas akademika Universitas Haluoleo dan peserta mahasiswa perwakilan 31 dari 34 BPSMI seluruh Indonesia..

Delegasi Provinsi Riau yang diwakili oleh Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan beberapa Universitas yang ada di Provinsi Riau berhasil meraih prestasi dalam kompetisi nasional yang bertajuk Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XIII yang digelar di Kendari, 11-17 Oktober 2016.

Prestasi kali ini disumbangkan oleh Hanif Muslim, Mahasiswa Jurusan Psikologi UIN Suska Riau Angkatan 2011 yang berhasil meraih Juara 1  Lomba Baca Puisi Peksiminas XIII 2016. Sebelumnya, Mahasiswa Psikologi tersebut telah meraih Juara 3 Baca Puisi dalam kompetisi Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XII tahun 2014 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pada ajang yang sama di Peksiminas XII Palangkaraya Kalimantan Tengah, Mahasiswa Psikologi Muhammad Rezza Akmal juga suskses mendapatkan Juara Harapan 1 pada bidang penulisan lakon. Raihan ini pun kembali menambah pundi-pundi prestasi yang diraih civitas akademika Fakultas Psikologi UIN Suska Riau setiap tahunnya.

Pada Peksiminas Kendari Sulawesi Tenggara 2016. Provinsi Riau menempati urutan ke 7 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia dan meraih peringkat tertinngi di pulau sumatera. Dimana pencapaian ini dibukukan oleh raihan 2 medali emas yang didapat oleh Hanif Muslim di Lomba Baca Puisi dan Dias Marsal di Lomba Komik Strip yang juga merupakan Mahasiswa  Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau.

Dr. Tohirin, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UIN Suska Riau juga turut hadir di Kota Kendari untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada wakil-wakil BPSMI Provinsi Riau.

Sebulan berselang pasca keberhasilannya di ajang Peksiminas XIII Kendari Sulawesi Tenggara. Pada tanggal 15 November 2016, Hanif Muslim mendapat surat dari Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk datang ke kompetisi Bahasa Indonesia Tingkat Mahasiswa International di Surakarta. Dimana pada saat itu Hanif merupakan satu-satunya peserta baca puisi dari pulau sumatera.

Ditanya terkait pesan kepada adik-adik tingkatnya di Fakultas Psikologi, Hanif mengatakan “Temukanlah apa yang kamu sukai dan senangi, karena setelah tamat kuliah pekerjaan yang paling nikmat adalah apa yang sesuai dengan kompetensimu”, tutupnya sambil tersenyum.

About

Check Also

bulutangkis2017d

GANDA PUTRI BULUTANGKIS FAKULTAS PSIKOLOGI SUMBANG MEDALI EMAS DAN MEDALI PERUNGGU PORSIMA UIN SUSKA RIAU 2017

Sambil mengusap wajah dan penuh keringat, Pasangan Ganda Putri FPSI Nurhusna (Psikologi 2013) dan Dery …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *