Home / BERITA UTAMA / Kuliah umum semester genap t.a 2014/2015 mengangkat tema perkembangan kajian neurosains dalam ilmu psikologi
KULIAH UMUM SEMESTER GENAP  Fakultas Psiko  T.A 2014/2015

Kuliah umum semester genap t.a 2014/2015 mengangkat tema perkembangan kajian neurosains dalam ilmu psikologi

Kuliah umum semester genap fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau diadakan Pada tanggal 2 April 2015 bertempat di gedung Islamic Center. Kuliah umum kali ini mengangkat tema tentang Perkembangan Kajian Neurosain Dalam Ilmu Psikologi Dewasa Ini. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dosen ahli neurosains dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Donny Hendrawan, Ph.D., Psikolog.

Dalam pemaparannya beliau menjelaskan bahwa ilmu neurosains berkembang pesat sejak kemunculannya di awal-awal tahun 1900. Ilmu yang mempelajari tentang sistem syaraf ini juga dikenal juga sebagai ilmu perilaku berbasis otak. Kajian-kajian neurosains pada perkembangannya akan sangat banyak menopang perkembangan ilmu-ilmu lainnya khususnya psikologi dalam menjelaskan perilaku manusia. Ilmu neurosains perilaku memiliki beberapa divisi diantaranya Physiological Psychology, Psychofarmacology, Neuropsychology, Psychophysiology, Cognitive Neurosains dan Comparative Psychology. Luasnya cakupan bidang ilmu di dalam kajian neurosains menuntut para ilmuwan neurosains untuk melakukan kajian multidisipliner. Kajian-kajian neurosains memiliki implikasi yang sangat luas dalam kehidupan. Ilmu neurosains dapat diterapkan dalam pengasuhan anak, bidang pendidikan untuk optimaliasasi proses belajar mengajar, mendukung penegakan diagnosis dan penatalaksanaan psikologi dalam proses terapi, usaha-usaha optimalisasi diri untuk meningkatkan kualitas hidup pada kelompok usia tertentu seperti misalnya pada kelompok anak-anak dan lanjut usia serta berbagai bidang kehidupan lainnya.

Nama Penulis: Lisya Chairani, S.Psi., M.A., Psikolog
Dosen Fakultas Psikologi

About adminuin

Check Also

bulutangkis2017d

GANDA PUTRI BULUTANGKIS FAKULTAS PSIKOLOGI SUMBANG MEDALI EMAS DAN MEDALI PERUNGGU PORSIMA UIN SUSKA RIAU 2017

Sambil mengusap wajah dan penuh keringat, Pasangan Ganda Putri FPSI Nurhusna (Psikologi 2013) dan Dery …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *