LEBIH DEKAT DENGAN SHALSABILA THABINA FIRDAUS MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI PERAIH PUTERI KAMPUS RIAU BERBAKAT 2024.

Pekanbaru. 14/10/24. Salah satu mahasiswi terbaik Fakultas Psikologi UIN Suska Riau meraih Puteri kampus Riau Berbakat 2024 yaitu, Shalsabila Thabina Firdaus, . Sejak Sekala begitu panggilan akrabnya duduk di bangku SMA, ia sudah menggeluti dunia adiksi sebagai salah seorang konselor muda yang bersertifikasi Konselor Kompeten oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Badan Narkotika Nasional 2023 pada usia 17 tahun. Hal ini membuatnya tertarik untuk mendalami lebih tentang pekerjaanya yang berhubungan dengan adiksi dan manusia sehingga Sekala memutuskan untuk mengambil jurusan Psikologi,

Selain aktif di beberapa kepanitian dan organisasi kampus, Sekala kelahiran Makasar 2005 ini Kembali menorehkan prestasi lainnya sebagai Puteri Kampus Riau Berbakat 2024 pada malam Grand Final Pemilihan Putera Puteri Kampus Riau tahun 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2024 di Hotel Grand Elite Pekanbaru dengan menghadirkan 22 Perguruan Tinggi dan sekitar 300 peserta di dalam kontes tersebut. Terdapat 5 peserta dari Fakultas Psikologi UIN Suska Riau, namun hanya 4 yang berhasil menjadi Finalis. Diantara ke empat finalis tersebut tiga merupakan mahasiswi bilingual class yang merupakan cikal bakal kelas internasional di Fakultas Psikologi UIN Suska Riau, salah satunya ialah Shalsabila Thabina Firdaus. Dengan diraihnya juara atribut, Sekala berhasil mengharumkan nama UIN Suska Riau, terkhususnya Fakultas Psikologi.

Perjalanan Sekala sebagai Puteri Kampus Riau 2024 tidaklah mudah, ia yang berkuliah sembari kerja menuntutnya untuk dapat memiliki manajemen waktu yang baik. Namun, Manajemen waktu yang dimaksud Sekala ialah seperti yang disampaikannya, “Kuncinya bukan memprioritaskan apa yang ada di jadwal kamu, tetapi menjadwalkan prioritas kamu.”

Adapun beberapa prestasi yang diraih Sekala alumni MAN 2 Model Pekanbaru ini baik akademik mau pun non-akademik di dalam dan di luar kampus serta pengalaman organisasi dan kepanitiannya, yakni:

  • Peraih Juara Atribut Puteri Kampus Riau Berbakat tahun 2024 mewakili UIN SUSKA Riau
  • Staf Khusus Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau tahun 2024
  • Narasumber RRI PRO2 Pekanbaru pada program SPADA tahun 2024
  • Moderator Webinar Nasional bertema Mengembangkan Softskill tahun 2024
  • Bersertifikasi Konselor Adiksi Kompeten tahun 2023 oleh LSP BNN
  • Juara III Lomba Puisi Bulan Bahasa Tingkat SMA Tahun 2020 oleh MAN 2 Pekanbaru
  • The MVP of Basketball Games tahun 2019 oleh SMP IRGT School
  • ICAS English (Intermediate Participation) tahun 2020 oleh UNSW Sydney

Melalui pesan singkat WA Sekala tak lupa berterima kasih kepada dukungan para dosen civitas akademika UIN Suska Riau khususnya Fak.Psikologi , orang tua dan teman-temannya. Kemudian dalam pandangannya bahwa salah satu kunci keberhasilan menurutnya adalah 4B ( Brain, Beauty, Behaviour, Brave).

“Dengan demikian, besar harapan saya …  perjalanan dan pencapaian yang ada, dapat memberikan motivasi untuk seluruh teman-teman yang berkuliah di UIN Suska Riau serta semoga ajang pemilihan pageant atau pun kedutaan bisa mendapatkan sorotan lebih oleh Pihak Kampus sehingga prestasi teman-teman lainnya pun bisa dilanjutkan hingga ke kancah nasional. Karena untuk menjadi bijak dan berpengetahuan, kita harus siap menyediakan gelas kosong maka tidak hanya meniti ilmu akhirat (agama) namun diseimbangkan dengan pengetahuan umum lainnya.”

 

Dalam wawancara singkat selaku Wakil Dekan 3 yang membidangi kerjasama dan kemahasiswaan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau Dr. Yuslenita Muda, M.Sc, memberikan apresiasi dan merasa bangga terhadap prestasi yang di raih mahasiswa Fakultas Psikologi sebagai Putri  Kampus Riau Berbakat Riau 2024 yaitu Shalsabila Thabina Firdaus.

“Saya sangat senang dan bahagia mendengar Shalsabila Thabina Firdaus meraih Putri Kampus Berbakat Riau 2024, semoga ini menjadi awal dan motivasi bagi mahasiswa yang lain untuk meraih prestasi-prestasi yang membanggakan. Karena prestasi ini, kita semua merasa bangga dan dapat mengangkat reputasi dan dapat mengharumkan nama UIN Suska Riau khususnya Fakultas Psikologi, “ ucapnya.

Lebih lanjut, Ibu Wakil Dekan III yang biasa disapa Bu Ilen ini mengatakan, “sebagai mahasiswa Psikologi, tentunya ada rasa bangga, karena dalam pemilihan Putera Puteri Kampus Riau (PPKR) 2024 kali ini diikuti 22 Perguruan Tinggi dan sekitar 300 peserta di dalam kontes tersebut, dan terdapat 5 peserta dari Fakultas Psikologi, namun hanya 4 orang yang berhasil mencapai final, mereka ini merupakan mahasiswa Bilingual Class yang merupakan cikal bakal kelas Internasional itu artinya mahasiswa Psikologi UIN Suska Riau tidak dapat dipandang sebelah mata ”tutupnya.

 

About Amiruddin

Check Also

ANGGI PUSVITASARI MAHASISWI FAKULTAS PSIKOLOGI TERPILIH BERPIDATO MEWAKILI WISUDAWAN LAIN PADA ACARA WISUDA PERIODE XI T.A 2024 DEKAN FAK.PSIKOLOGI BILANG BEGINI

Pekanbaru, 08/10/2024. DR. H. Kusnadi selaku Dekan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau merasa bahagia dan  …

Tinggalkan Balasan