AKSELERASI KOMPETENSI ASISTEN LABORATORIUM FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU, DR. H. ZURIATUL KHAIRI, M.Ag, M.Si ; SERTIFIKAT BUKANLAH TUJUAN TETAPI MENDAPATKAN ILMU PENGETAHUAN

Pekanbaru 2/10/24. Kegiatan pembekalan kepada mahasiswa yang terpilih sebagai asisten laboratorium Fakultas Psikologi TA 2024/2025 resmi dibuka oleh Dr. H. Zuriatul Khairim M.Ag, M.Si selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Psikologi di Gedung Lt. 1 Ruangan Serbaguna Fakultas Psikologi.

Dalam laporannya, ketua pelaksana kegiatan sekaligus sebagai kepala Laboratorium Psikodiagnostik, Elyusra  Ulfah, M.Psi.,Psikolog menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada para pimpinan yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan lancar. Kegiatan ini merupakan program rutin setiap tahun untuk asisten laboratorium. Pesertanya adalah mahasiswa yang terpilih, yang diseleksi dengan ketat dan sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan.

“Kegiatan akselerasi kompetensi asisten laboratorium ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Perbedaannya adalah kalau pada tahun sebelumnya, kegiatan akselerasi kompetensi diberikan hanya untuk asisten laboratorium psikodiagnostik saja, namun pada tahun ini kegiatan akselerasi kompetensi juga diberikan untuk asisten laboratorium pengukuran. Peserta Akselerasi tahun ini berjumlah 20 orang mahasiswa, dimana 13 orang terpilih menjadi Asisten Laboratorium Psikodiagnostik dan tujuh orang lagi merupakan Asisten Laboratorium Pengukuran. Kemudian kegitan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 2 dan 4 Oktober 2024 dengan 10 orang instruktur pelatihan” jelas Elyusra.

Masih dalam laporannya, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mempercepat peningkatan kompetensi yang harus dimiliki asisten Laboratorium, yang diharapkan dapat membantu tugas mereka dalam membimbing adik-adik kelasnya yang mengambil mata kulliah praktikum.

“Adapun materi yang akan disampaikan oleh para instruktur pelatihan pada kegiatan ini diantaranya adalah merancang guideline observasi dan wawancara dengan bijak untuk asesmen diagnostik dan riset. Berikutnya keterampilan dasar dan teknik konseling yang harus dikuasai oleh para asisten Laboratorium. Kemudian ada pengayaan praktikum asesmen minat, bakat dan intelegensi untuk klien dewasa dan klien anak, pengayaan praktikum asesmen kepribadian, selanjutnya materi merancang proposal dan modul penelitian eksperimen dengan tema psikologi dan Islam, strategi penyajian administrasi tes psikologi sesuai standar, aplikasi menggunakan SPSS dalam menganalisa data, teknik menyusun aitem skala psikologi serta pengukuran psikologi melalui JASP” kata Elyusra.

Rangkaian acara selanjutnya adalah sambutan dari WD 1 Fakultas Psikologi Dr.H. Zuriatul Khairi yang mewakili Dekan Fak. Psikologi mengapresiasi kegiatan ini dan berterimakasih kepada para dosen dan panitia yang telah dapat menyelenggrakan acara ini dengan baik.

“kami pimpinan Fakultas Psikologi berterimakasih kepada para dosen dan tendik sebagai panitia yang telah berhasil melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan begitu juga kepada para mahasiswa yang  akan mengikuti kegiatan ini. Khusus kepada para mahasiswa diharapkan mengikutinya sampai selesai karena dengan pelatihan ini kalian dapat modal dan ilmu pengatahuan yang berguna sebagai asisten dosen dalam menggunakan laboratorium dan membimbing adik-adik kelasnya”kata Dr.H. Zuriatul Khairi.

Kemudian WD 1 menambahkan bahwa “para mahasiswa yang terpilih jadi Asisten Laboratorium Psikologi ini kalian akan Mendapatkan banyak manfaat disamping mendapatkan ilmu dan pengalaman  akan mendapatkan juga SK dari Dekan sebagai Asisten Laboratorium serta akan mendapatkan sertifikat dan SKPI ( Surat Keterangan Pendampingan Ijazah) dan ini semuanya sangat berguna bagi kalian untuk mendapatkan kerja nantinya tetapi harus diingat sertifikat bukanlah tujuan akan tetapi yang utama adalah ilmunya” Tutupnya.

 

 

 

About Amiruddin

Check Also

BUKA SEMINAR NASIONAL PERPUSTAKAAN, PROF. EDI ERWAN, PhD ; PERPUSTAKAAN HARUS BISA MENCERDASKAN MAHASISWA DAN MASYARAKAT LUAS

Pekanbaru. 10/10/2024. Hal itu dikatakan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Prof.Edi Erwan, PhD dikala …

Tinggalkan Balasan