Seputar Ilmu Psikologi Di Mata Mahasiswa Class Bilingual Fak.Psikologi UIN Suska Riau, Anisa Gusti Ardiani dan Aqeela Shifa Ramadhan

Acara ini dipandu oleh Fajriah Hidayati disiarkan langsung oleh RRI Pro 2 Pekanbaru dengan 2 Narasumber dari mahasiswa Bilingual Class Fak. Psikologi UIN Suska Riau yaitu Anisa Gusti Ardiani dan Aqeela Shifa Ramadhan dari Studio Pro 2 RRI Pekanbaru pada hari Selasa 24 September 2024 (24/9/2024) program ini bertemakan “Mengenal Dunia Psikologi”

Sebagai moderator acara Fajriah Hidayati membawakannya dengan santai dan familiar. Menurutnya acara ini sangat penting untuk diikuti karena ilmu Psikologi sangat dibutuhkan oleh manusia saat ini dan mempunyai peran yang strategis dalam menjawab persoalan-persolan yang di hadapi penduduk bumi dewasa ini.

Fajriah Hidayati membuka diskusi dengan pertanyaan tentang pengalaman menjadi mahasiswa psikologi. Nisa, salah satu narasumber, menjelaskan bahwa menjadi mahasiswa psikologi di UIN Suska Riau sangat seru. “Menurutku seru, karena di Fakultas Psikologi UIN Suska Riau kita bisa dapat konseling gratis. Kebanyakan dosen yang mengajar adalah psikolog, jadi kita bisa berkeluh kesah atau curhat ke mereka, kalau di luar kan harus bayar ya,” ujar Nisa. Selain itu, ia menambahkan bahwa lingkungan kampusnya sangat positif, di mana teman-temannya selalu supportif dan siap membantu ketika ada kesulitan.

Selanjutnya, Fajriah menanyakan tentang tantangan yang dihadapi sebagai mahasiswa psikologi. Menurut Narasumber Anisa dan Aqeela, kuliah psikologi tidak bisa dibilang terlalu mudah atau terlalu sulit, karena tingkat kesulitan tergantung dari masing-masing individu. “Salah satu tantangannya adalah memahami bahwa manusia itu kompleks, setiap orang punya karakter yang berbeda-beda. Jadi kita harus belajar memahami perbedaan itu,” ungkapnya. Tantangan ini membuat para mahasiswa belajar untuk lebih peka dan adaptif terhadap beragam karakter orang.

Fajriah juga ingin tahu apakah ada teori atau pengalaman yang paling berkesan selama semester 3. Anisa menjawab bahwa belajar teori kepribadian sangat berkesan baginya. “Teori ini membantu mengenali diriku sendiri, memahami masa laluku, dan bagaimana itu membentuk pribadi yang aku miliki sekarang,” kata Anisa. Aqeela juga menambahkan bahwa biopsikologi adalah mata kuliah yang paling berkesan baginya. “Kita jadi tahu kenapa kita bisa marah, bagaimana kita bisa tidur, dan bagaimana memori kita bekerja,” ujar Aqeela. Menurut Anisa dan Aqeela, belajar psikologi membuat mereka semakin sadar bahwa setiap orang melakukan sesuatu pasti ada alasannya. Hal ini mengajarkan mereka untuk tidak mudah menilai atau menghakimi orang-orang di sekitar.

 

 

 

About Amiruddin

Check Also

BUKA SEMINAR NASIONAL PERPUSTAKAAN, PROF. EDI ERWAN, PhD ; PERPUSTAKAAN HARUS BISA MENCERDASKAN MAHASISWA DAN MASYARAKAT LUAS

Pekanbaru. 10/10/2024. Hal itu dikatakan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Prof.Edi Erwan, PhD dikala …

Tinggalkan Balasan