AUDIENSI FORUM KOORDINASI PENCEGAHAN TERORISME (FKPT)PROVINSI RIAU DENGAN PIMPINAN UIN SUSKA RIAU

Dekan Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau DR.Kusnadi, M.Pd menugaskan Pranata humas Ahli Muda Amiruddin, S.Ag untuk mengikuti audiensi Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Riau pada hari Rabu, 11 September 2024. Kegiatan ini diadakan di Gedung Rektorat Lt V Ruang Rapat Senat UIN Suska Riau.

Pada kesempatan ini Prof. Edi Erwan selaku Wakil Rektor yang membidangi Kerjasama dan Kemahasiswaan mewakili Rektor menyambut hangat dan antusias kedatangan tamu dari Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Kolonel Sus DR.S. Hariyanto,M.Pd, ketua FKPT Riau, Hj. Dinawati, S.Ag.,MM. dan rombongan.

Lebih lanjut Prof.Edi Erwan mengatakan bahwa UIN Suska riau siap untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan BNPT RI dengan bentuk kajian pencegahan maupun penelitian karena issu- issu terorisme ini sudah menjadi tugas elemen bangsa khususnya bagi kampus seperti UIN Suska Riau.

“ UIN Suska Riau siap berkolaborasi dan bersinergi dengan BNPT demi terwujudnya kepentingan nasional yang lebih luas karena UIN Suska Riau sendiri mempunyai potensi yang besar yang terdiri dari sektar 700an dosen tentunya kami memiliki dosen-dosen yang beragam keahlian seperti bidang Psikologi, bidang agama Islam, bidang IT dan Lain-lain sangat dibutuhkan untuk mengadakan riset tentang radikalisme ini” jelas Prof Edi Erwan

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT RI yang juga merupakan Koordinator Kampus Kebangsaan Bapak Kolonel Sus DR.S. Hariyanto, M.Pd mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari pihak UIN Suska Riau lebih lanjut beliau memaparkan bahwa tujuan rombongan BNPT RI ke UIN Suska Riau adalah terutama silaturrahmi dan menjalin kerjasama dengan kampus-kampus kebangsaan di seluruh Indonesia. Kerjasama ini nantinya adalah dapat berupa penelitian dan kajian-kajian tentang pencegahan terorime di Indonesia terutam di dalam masyarakat kampus sendiri.

“Tagline  BNPT RI sekarang ini baik sasaran lokal, nasional dan global adalah  mengangkat perempuan, remaja dan anak dalam hal kondisi dewasa ini memang ini adalah tugas bersama semua anak bangsa karena perempuan, remaja dan anak ini sangat rentan dengan paham-paham yang menyimpang dari ajaran-ajaran biasanya. Dan itulah kiranya sangat perlu kerjasama dan kolaborasi dengan pihak kampus untuk menangkal paham-paham radikalisme dan terorisme” kata Kolonel Hariyanto

Lebih jauh Kolonel Hariyanto mengatakan” bahwa kalau seorang anak , perempuan dan remaja ini terpapar paham radikalisme akan mengalami kesulitan untuk menghilangkannya dan menghapusnya dari pikiran maupun otaknya.  terorisme itu seperti bunglon, ketika kita lengah mereka akan bergerak dan muncul ditengah-tengah kita karena itu perlu waspada dan meningkatkan pencegahan”tutupnya.

Tampak hadir dari pihak UIN diantaranya para dekan, kabiro AAKK dan Kabiro AUPK, Katim Kerjasama dan Humas selanjutnya di penghujung acara berfoto Bersama.

 

 

 

About Amiruddin

Check Also

PESERTA LIBRARY USER EDUCATION MAHASISWA BARU T.A 2024/2025

Tinggalkan Balasan