Fakultas Psikologi selenggarakan Workshop Penyusunan Naskah Akademik Pendirian Program Studi Pendidikan Profesi Psikologi

Pekanbaru – Rabu, 11 September 2024, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau menggelar “Workshop Penyusunan Naskah Akademik Pendirian Program Studi Pendidikan Profesi Psikologi”. Acara ini berlangsung di The Premiere Hotel Pekanbaru dan dihadiri oleh seluruh dosen Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.

Workshop ini bertujuan untuk menyusun naskah akademik sebagai landasan pendirian Program Studi Pendidikan Profesi Psikologi di lingkungan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalisme lulusan di bidang psikologi.

Sebagai narasumber utama, hadir Dr. Lucia Retno Mursitolaksmi, M.Si., M.Sp.Ed., Psikolog, salah seorang Dosen  Universitas Indonesia, yang memberikan paparan mendalam terkait proses penyusunan naskah akademik dan standar pendirian program studi profesi di bidang psikologi. Selain menegaskan pentingnya analisis kebutuhan, desain kurikul, sekema evalusai dan monitoring, penting juga memahami landasan filofofis dan yudidis

“Penyusunan naskah akademik harus memiliki dasar yang kuat, baik secara filosofis maupun yuridis, untuk memastikan program studi yang akan dibentuk dapat memenuhi standar pendidikan tinggi di Indonesia serta kebutuhan profesi psikologi” terang lulusan Universitas Newcastle ini.

Dr. Lucia menekankan pentingnya penyusunan naskah akademik yang komprehensif, karena dokumen ini akan menjadi panduan utama dalam pembentukan dan pelaksanaan program studi baru. Naskah akademik juga akan menjadi acuan untuk memenuhi persyaratan akreditasi dan pengakuan program secara nasional dan internasional.

Dengan disampaikannya materi tersebut, para peserta workshop diharapkan dapat lebih memahami proses penyusunan naskah akademik serta pentingnya mengikuti prosedur dan standar yang telah ditetapkan. Hal ini diharapkan dapat memperkuat upaya Fakultas Psikologi UIN Suska Riau dalam mendirikan Program Studi Pendidikan Profesi Psikologi yang berkualitas dan kompetitif.

Acara diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan I Fakultas Psikologi, Dr. Zurriyatul Khairi, M.Ag yang mewakili Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Kusnadi, M.Pd. Beliau  menyampaikan harapan besar agar workshop ini dapat menjadi langkah awal yang kokoh dalam upaya meningkatkan kualitas akademik fakultas dan menghasilkan psikolog profesional yang berkompeten.

Dengan partisipasi aktif dari para dosen, workshop ini diharapkan dapat membuahkan hasil berupa naskah akademik yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan akademik serta profesi psikologi.

About imam hanafi

Check Also

PESERTA LIBRARY USER EDUCATION MAHASISWA BARU T.A 2024/2025

Tinggalkan Balasan